Minggu, 06 Mei 2012

Pemanfaatan Internet untuk Bisnis

Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:


1.) Menciptakan basis bagi klien atau pelangganUntuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah.
Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.


2.) Analisa produk dan pasarInternet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet.
Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru!


3.) Nasehat dan bantuan pakar di bidangnyaTidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.


4.) Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerjaSekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkantenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.


5.) Akses informasi dan penyebaran informasiMempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.


6.) Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murahBerbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.


7.) Peluang bisnis baruBanyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering puladijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.


Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual maupun profesiona atau bisnis.


Saat ini, hampir setiap bisnis menggunakan internet untuk kegiatan iklan, pemasaran dan layanan pelanggan. Sebagai jaringan global, pelanggan yang berbasis internet adalah seluruh anggota masyarakat, yang membuat hal itu menjadi semakin menarik dalam dunia bisnis. Tetapi apa hal lain yang bisa dilakukan oleh internet untuk keberhasilan suatu bisnis ?

Pengembangan Produk di Internet
Internet bisa menjadi alat yang tak ternilai harganya untuk membangun suatu produk baru; adalah sangat ideal bagi semua produk yang dapat disimpan seperti informasi digital pada komputer. Banyak industri merasa beruntung akan adanya fasilitas berbasis internet ini, apalagi perusahaan yang memiliki bidang usaha komputer, software, iklan, keuangan, musik dan seni..
Sebagai ilustrasi sejauh mana potensialnya penggunaan internet ini, mari ikuti proses pengembangan dari produk komputer baru. Untuk mendemonstrasikan kemampuan global dari internet, katakan saja bahwa bisnis ini akan mengakibatkan gabungan antara perusahaan Amerika dan Perancis. Perusahaan-perusahaan itu membentuk aliansi yang strategis sehingga menguntungkan dan saling memperkuat masing-masing teknologi dan jalur distribusi produk. Di setiap tahap kita akan lihat bahwa internet menambah nilai dan memperpendek siklus produksi.

Membuat Kelompok Proyek Bersama
Tidak menjadi masalah apakah anggota tim proyek dari 2 negara yang berjauhan. Mereka dapat berkomunikasi lewat internet (email) atau konferensi berbasis internet dari masing-masing lokasi di penjuru dunia. Anggota tim dapat memberikan masukannya di tiap tahap proyek, mencari sumber-sumber lain di internet. Jika tim menentukan apakah mereka membutuhkan orang yang lebih paham tentang sesuatu hal, mereka tinggal memasang tawaran lewat internet atau mencarinya sendiri lewat situs web yang menyediakan informasi para profesional yang mencari pekerjaan. Karena kemampuan internet dalam mengolah suara dan gambar, dokumen pelamar (curiculum vitae) dapat pula berupa rekaman video. Perusahaan pribadi bisa pula mengirimkan lowongan kerja beserta persyaratanya dalam server web. Perekrutan secara global oleh pihak SDM menjadi lebih cepat, tidak merepotkan dan ekonomis.

Berhubungan lewat Internet
Saat tim proyek sudah selesai, para anggota dapat ikut menulis studi kelayakan menggunakan email (surat elektronik) dan komunikasi berbasis internet lainnya. Suatu tim bisa mengadakan pertemuan menggunakan Internet Relay Chat (IRC) atau dengan teknologi papan tulis elektronik. Mereka dapat membuat situs Web untuk menyimpan dokumen-dokumen proyek. Sebagai anggota tim yang memiliki banyak ide, mereka bisa menempatkan hasil karyanya dalam situs web, dan memungkinkan anggota lain memberikan komentar serta menambahkan usulan mereka. Jika tim perlu berdiskusi dengan tempo yang relatif lama, mereka bisa membuat situs berita secara jaringan dan melengkapinya dengan papan buletin elektroni serta forum diskusi.

Penelitian & Pengembangan di Internet
Agar proyek berjalan, suatu tim perlu untuk mengadakan berbagai penelitian. Mereka perlu menjelaskan apakah ada yang telah mencoba memasarkan produk tersebut sebelumnya dan apakah masyarakat tertarik.
Anggota tim memutuskan mencari lewat internet tentang sejarah dari jenis produk tersebut. Karena mereka tidak begitu tahu akan sebutan produk yang dicarinya, maka mereka segera mencarinya lewat situs pencarian Yahoo (misalnya) dan segera mereka mendapat beberapa petunjuk dan lebih paham akan apa yang dicarinya.

Untuk membantu proses pencarian, mereka mencari perpustakaan online, agen pemerintah, dan institusi pendidikan yang bisa diakses bebas. Aspek legal yang berhubungan dengan bisnis internasional dapat diteliti secara baik. Sebagai contoh dimasukkan sisi produk teknis, legalitas dan kelayakan yang berhubungan dengan transfer teknologi lintas nasional, sebaiknya diteliti juga.

Setelah melihat sejarah pasar untuk produk mereka, suatu tim segera mengadakan riset pasar. Tidak seperti pada metode penelitian pasar tradisional, para anggota tim memutuskan untuk mengadakan penelitian sendiri lewat internet. Mereka bisa melakukannya dengan memakai teknologi web, email, papan buletin, atau FTP untuk mengadakan survei. Riset pasar adalah hal yang biasa dilakukan sembari memberikan layanannya kepada seluruh pemakai di seluruh dunia.

Membangun Produk Software di Internet
Membangun suatu produk software komputer sangat mudah lewat internet. Para pembuat software hanya perlu saling tukar dokumen seperti program komputer dan data. Mereka bisa melakukannya dengan 3 cara : email, FTP dan WWW.
Internet menyediakan layanan yang sangat baik untuk percobaan produk yang dapat dilakukan dari manapun, pembuat software tidak harus berada di lokasi manapun. Kekuatan komputasi tambahan juga tersedia sesuai permintaan lewat internet, dan bisa dibeli secara online langsung lewat super komputer secara remote. Meski banyak layanan yang telah tersedia pada saat yang sama, beberapa perlengkapan internet secara global masih potensial untuk digunakan.
Keuntungan lain dari pengembangan produk lewat internet adalah kemampuan untuk melakukannya sewaktu-waktu. Dengan alat-alat semacam teknologi web dan transfer dokumen, faktor kelambatan praktis tidak terjadi. Bekerja pada program software dapat berlanjut : pembuat software di Amerika bisa melanjutkan bekerja pada dokumen mereka di Perancis saat orang Perancis beristirahat. Perbedaan waktu menjadi bukan masalah. Yang menyebabkan hasil kerja menjadi lebih baik!

Pembuatan Produk di Internet
Sekali saja produk didisain dan dibangun, suatu perusahaan dapat menggunakan internet sebagai alat proses pembuatan selanjutnya. Seperti disinggung sebelumnya, internet menyediakan layanan distribusi software, tanpa memperhitungkan kebutuhan akan fisik dari media seperti CD atau disket.

Semua dokumentasi produk seperti panduan penggunaan, panduan pemasangan bisa dibuat, diperbaiki, dan disebarkan secara online dengan baik. Material asal dari dokumen itu bisa dirawat dari lokasi lain oleh suplier lain. Informasi dari berbagai vendor bisa dikombinasikan secara dinamis dan diolah sesuai permintaan, diadakan perbaikan dari waktu-ke waktu. Hal yang sama, suatu persyaratan produksi hard copy bisa dipesan sesuai permintaan. Biaya cetak, iklan bisa ditekan semaksimal mungkin.

Akuntansi di Internet
Akuntansi dan pencatatan keuangan bisa dilakukan secara elektronik untuk semua aspek dari kegiatan perusahaan secara cepat dan terus menerus. Transaksi keuangan bisa dilaporkan secara tepat karena terdapat fasilitas penanggalan dan waktu yang tepat, dan secara notarial digital, menyediakan proses audit guna memperoleh akuntabilitas yang optimal. Kontrak-kontrak dan perijinan dapat dikeluarkan secara elektronik, menggunakan system 'electronic copyright' dan tanda tangan digital dengan metoda enkripsi (pengacakan) untuk mengontrol keluaran yang dilakukan. Institusi keuangan bertindak sebagai pihak yang mengeluarkan surat ijin dan dinotariskan secara digital serta menggunakan pengenalan tandatangan digital. Pembayaran bisa dilakukan secara elektronik dari pelanggan ke bank, bank ke bank, dan bank ke suplier, yang bisa menghindari kerugian dari kelambatan waktu yang biasanya terjadi saat transaksi fisik (bukan secara internet).

Keuntungan Keseluruhan
Kesimpulannya, kemampuan internet untuk menyediakan integrasi produk secara vertikal adalah satu keuntungan yang mendasar. Persediaan, pembuatan produk, penjualan, distribusi barang dapat dilakukan secara global. Bidang perdagangan elektronik akan meningkat dengan menggunakan teknologi berbasis internet. Pada setiap tahap pengembangan produk, internet bisa menghemat waktu dan uang dengan cara memasukkan biaya beberapa proses ke dalam satu biaya saja dan mengurangi waktu untuk pemasaran. Karena adanya penyatuan secara maya (virtual), peran retailer akan bergabung dengan apa yang dilakukan oleh wholesaler, dan pelanggan akan semakin meningkat untuk mengadakan pembelian langsung dari pembuat produk. Hal ini akan membuat para pembuat produk menawarkan layanan mereka secara lengkap baik tipe maupun harga, langsung kepada pelanggan, yang sebelumnya hanya ditawarkan kepada pihak tertentu saja misalnya para retailer. Berkurangnya media di proses distribusi ini akan mengurangi harga penjualan, dan pemberian penghargaan kepada pemasar internet nantinya akan sangat sulit dilakukan.

Sebagai alat yang strategis, menggunakan internet akan menjadi hal yang wajib bagi setiap organisasi jika mereka berharap bisa mempertahankan pelanggannya. Seperti yang kita lihat, meningkatnya peran internet sebagai alat bisnis ke pabrik perusahaan akan menjadi suatu hal yang vital. Internet, yang pertamakali hanya berguna untuk kalangan pendidikan dan pelajar saja, akan menjadi semacam standar kerja, tidak hanya untuk dunia usaha namun untuk setiap individu, termasuk Anda. Jangan lupa, anda juga bisa mendapatkan Iklan Internet Murah Efektif Berkualitas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar